5 Langkah Santun dalam Menghadapi Pelanggan Restoran

[lihat.co.id] - Punya usaha di bidang makanan memang penuh tantangan. Disamping sajian yang enak, kepuasan pelanggan juga jadi faktor penting. Karenanya, pengelola harus tahu bagaimana memperlakukan konsumen dengan baik, termasuk saat menghadapi keluhan pelanggan.

Usaha restoran ataupun warung makan sederhana sekalipun butuh pengelolaan yang baik, dan mengutamakan keramahan dan mutu sajiannya. Namun kritik pembeli tetap tak bisa dihindari.

Untuk menghadapinya, ini dia beberapa langkah yang baik sekaligus santun dalam menghadapi keluhan dan kritik berikut  5 Langkah Santun dalam Menghadapi Pelanggan Restoran seperti dilansir food.detik.

1. Dengar dan akui kesalahan
[lihat.co.id] - Dalam menyampaikan keluhan, pengunjung cenderung ingin didengar dengan seksama. Jangan langsung menyanggah ataupun berkelit terhadap apa yang disampaikan pelanggan tersebut, apalagi jika langsung ditanggapi dengan negatif. Akui jika pihak Anda memang melakukan kesalahan. Sebisa mungkin, latih pelayan atau orang yang berada di garis depan untuk melakukan hal ini

2. Meminta maaf
[lihat.co.id] - Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah meminta maaf. Sadari jika usaha yang Anda geluti tak lepas dari kesalahan, dan ada saja celah yang membuat pembeli tak puas. Beberapa di antaranya adalah pelayanan yang lama, makanan yang kurang enak di lidah, terlalu pedas, pesanan yang tidak tepat, ataupun terdapat kotoran pada makanan.

3. Beri pengganti
[lihat.co.id] - Ini merupakan hal penting selanjutnya yang harus dilakukan. Ganti makanan dengan yang baru, atau tawari jenis menu lain. Sebagai permintaan maaf, berikan juga dessert atau makanan lainnya secara cuma-cuma. Hal ini bisa mengembalikan mood pembeli sekaligus menjaga nama baik restoran. Pasalnya, keluhan pelanggan bisa dengan mudah disebarkan lewat berbagai media.

4. Ucapkan terima kasih
[lihat.co.id] - Meski banyak keluhan dan kritik, pihak restoran harus tetap memberikan senyuman serta pelayanan terbaik. Saat sang pengunjung meninggalkan tempat, ucapkan rasa terima kasih karena sudah berkunjung.

5. Koreksi dan evaluasi
[lihat.co.id] - Tentu Anda tak ingin kejadian serupa terjadi berulang di lain waktu. Karenanya, jadikan hal tersebut sebagai pelajaran berharga. Tingkatkan pelayanan dan juga kualitas makanan. Sebaliknya, tak perlu kecil hati dengan hal tersebut, karena kritikan juga bisa dimaknai positif.